KLIK BISNIS USTAD YUSUF MANSUR

Kamis, 07 Oktober 2010

TAMAN NASIONAL MANUSELA



Alamat : Jl. Kebun Cengkih Batumerah Atas
Po Box 1176, Ambon 97228
Telp. (0911) 43619

  • Dinyatakan sebagai taman nasional oleh Menteri Pertanian tahun 1982 dengan luas ± 189.000 ha. Secara administratif pemerintahan berada pada Kecamatan Wahai dan Kecamatan Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah, Propinsi Dati I Maluku.
  • Cara mencapai lokasi :
Ambon - Sawai - Wahai (kapal motor) selama 24 jam atau Ambon - Masohi (speed boat/kapal motor) selama 8 jam melewati Laut Banda. Dari Masohi dilanjutkan lewat jalan Trans Maluku ke Saka dan menggunakan long boat ke Wahai (6 jam). Dari Wahai (bagian utara maupun bagian selatan) dilanjutkan jalan kaki menuju lokasi.
  • Potensi kawasan :
Taman Nasional Manusela merupakan kawasan pegunungan yang relatif masih dalam keadaan baik dengan ketingian antara 0 - 3.027 m dpl, kemiringan 30 -60%. Terdapat sungai-sungai dengan aliran yang deras dan mempunyai konfigurasi lapangan yang terjal serta terdapat 6 buah gunung/bukit dengan G. Binaya yang tertinggi (± 3.027 m dpl).
Mempunyai iklim tipe B dengan rata-rata curah hujan antara 1.500 - 2.000 mm per tahun dengan suhu udara antara 25° - 35° C. Musim kunjungan terbaik antara bulan Mei s/d Oktober.
Taman Nasional Manusela terdiri dari hutan rawa/mangrove, hutan pantai, hutan dataran rendah, hutan dataran tinggi, hutan sub pegunungan dan hutan pegunungan.
Beberapa flora yang ada di Taman Nasional Manusela antara lain Tancang (Sonneratia alba), Bakau, Api-api, Nipah, Ipomoea pescare, Terminalia catappa, Casuarina equisetifolia, Nauclea sp, Ficus nodosa, Kayu putih (Melaleuca leucadendron), Meranti, Kayu raja, Kapur, Pulai, Nyamplung dan lain-lain.
Memiliki keanekaragaman jenis satwa yang tinggi dan endemik antara lain Rhycthomeles prattorum, Melomys aerorosus, Pogomelomys frattrecullus. Tercatat 117 jenis burung dan 14 jenis merupakan burung endemik serta 41 jenis termasuk ular endemis, penyu, biawak, soa-soa, ikan duyung dan sebagainya.
  • Kegiatan yang ditawarkan :
    • Rekreasi dan pariwisata alam antara lain lintas hutan, pengamatan satwa, jungle tracking, foto hunting, hiking, berkemah, memancing, panorama alam dan pegunungan, goa-goa, rafting dan sebagainya.
    • Penelitian.
    • Budaya setempat.
  • Fasilitas yang tersedia :
    Pondok kerja/jaga, pos jaga, pondok peneliti, pesanggrahan, laboratorium, pusat pengunjung, menara pandang/pengamat, jalan trail, speed boat dan lain-lain.
  • Informasi lainnya :
    Belum ada pengusahaan pariwisata alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar