KLIK BISNIS USTAD YUSUF MANSUR

Jumat, 15 Oktober 2010

game mentor


1. Kenalan Yuk


 Mintalah peserta untuk berpasanganØUkhuwah Islamiyah Mengenalkan diri sehingga semua peserta saling mengenal satu sama lain

 Mintalah peserta dengan masing-masing pasangannya untuk saling berkenalan meliputi hal-hal berikut ini :Ø

 Nama lengkapØ

 AlamatØ

 Asal sekolahØ

 Asal daerahØ

 HobiØ

 Cita-citaØ

 Mintalah peserta dan masing-masing pasangannya untuk secara bersilang mengenalkan diri mereka.Ø

2. Darimana Datangnya Lintah Meaning Of Life Peserta mengetahui asal usul kejadian makhluk hidup dan memahami arti kehidupan Tahap I :

 Apakah manusia itu hewan yang dapat berfikir? Mari kita buktikan (Kelompokkan peserta dalam 3 kelompok)Ø

 Masing-masing kelompok diminta memilih satu jenis binatangØ

 Masing-masing kelompok diminta memberikan penjelasan tentang :Ø

 Dari mana asal kejadian binatang ituØ

 Untuk apa binatang itu hadir di alamØ

 Apa yang dikerjakannya selama hidupØ

 Kemana kira-kira setelah matiØ

Tahap II :

 Masing-masing kelompok diminta menjelaskan tentang manusiaØ

 Darimana asal kejadiannyaØ

 Untuk apa hadir di duniaØ

 Apa yang akan dikerjakannyaØ

 Kemana setelah matiØ

 Ditekankan pentingnya memahami arti kehidupan karena penciptaanØ dirinya ke dunia ini bukan sekedar main-main saja tapi memiliki keunggulan yang akan dipertanggung-jawabkan. (QS. Al-Mu’minun (23) : 115 – 118 ; Adz-dzariyat (51) : 21)

3. Ayo Berhitung Ayo Mengaji Peserta memahami pentingnya ilmu dalam memudahkan penyelesaian masalah, dan dengan ilmu orang berpeluang berbuat kebaikan lebih banyak

Tahap I :

 Mintalah masing-masing peserta untuk menghitung jumlah angka 1 sampai 50 dengan cepat. Beri waktu maksimal 3 menit.Ø

 Mintalah mereka yang berhasil menghitung dengan cepat, bagaimana caranya memperoleh hasil tersebut.Ø

Tahap II :

 Ajarkan cara menghitung yang lebih cepat dengan cara menjumlah 1 dan 50, 2 dan 49, 3 dan 48, dst sampai 50 dan 1.Ø

 Sehingga diperoleh angka : 51 x 25 = 1275Ø

 Mentee mengetahui bahwa bangunanØ4. Yuk Bikin Rumah Indahnya Islam  rumah pasti terdiri dari pondasi (asas), bangunan (bina’) dan penyokong / pelindung / pagar (mu’ayidat) semakin besar dan kokoh maka dibutuhkan pondasi dll- harus kokoh

 Mentee paham bahwa membangun rumah pasti dimulai dari pondasi danØ seterusnya, demikian ketika kita ingin membangun Islam dalam diri kita harus bertahap.

 Peserta di bagi beberapa kelompok 3 – 5 orangØ

 Di minta membuat / menggambar Rumah Idaman dengan tahapan :Ø

 Mendiskusikan bagaiama tahapan proses membuat rumahØ

 Menulis tahapan dan membuat gambaran sebuah rumah jadiØ



5. Ta’aruf Semua materi Mengenalkan teman pasangannya dengan terlebih  Setiap peserta mendapatkanØdulu saling bertukar informasi data diri  satu orang sebagai pasangan permainannya

 Pasangan tersebut bisa diperoleh dengan cara undian, tebakan, menyatukan pantun yang terpisahØ

 Setiap pasangan terlebih dulu saling bertukar data diri dengan waktu kurang lebih 5 menit.Ø

 Setiap peserta mengenalkan pasangannya dengan menyebutkan namaØ lengkap, nama panggilan, TTL, alamat asal dan sekarang, pekerjaan, jumlah saudara, hobby dll.

 Peserta yang tidak berada didepan boleh menanyakan kepada peserta yangØ sedang mengenalkan pasangannya, kalau tidak tahu boleh bertanya pada pasangannya tetapi dengan cara berbisik.

 Pasangan yang sedang dikenalkan tidak boleh menjawab pertanyaan atas dirinya.Ø

 Setiap pasangan diberi waktu untuk saling mengenalkan pasangannya selama 5 menit.Ø

 Catatan : Boleh mencatat data pasangannyaØ

6. Ta’aruf Berantai Semua materi Tujuannya untuk melatih konsentrasi  Peserta berjajar dalam suatu barisan yang panjang (kalau bisaØpeserta  posisinya melingkar)

 Permainan dimulai dengan peserta nomor 2 atau orang kedua menanyakan nama orang 1 (Siapa namanya ?)Ø

 Saat dijawab oleh orang 1, orang ke-2 bertanya kembali (Siapa ?, seperti orang kurang dengar)Ø

 Setelah mendapat jawaban yang kedua, baru orang ke-2 menyampaikan nama orang ke-1 pada orang ke-3Ø

 Orang ke-3 juga pura-pura nggak dengar dan menanyakan kembali dengan pertanyaan, Siapa ?Ø

 Orang ke-2 tidak boleh langsung menjawab, tetapi harus bertanya kembali pada orang ke-1, demikian seterusnyaØ

 Jadi sumber beritanya hanya orang ke-1 saja.Ø

7. Cerita Bernomor Semua materi Tujuannya untuk melatih konsentrasi  Peserta diminta berhitungØpeserta dan memudahkan mengenal peserta lain  dan angka punggungnya harus dihafal

 Instruktur akan bercerita yang didalamnya menyebut angkaØ

 Bila instruktur menyebut angka salah satu peserta, maka pesertaØ tersebut harus segera tunjuk tangan dan menyebutkan nama dan alamatnya

8. Samson Delila Semua materi Salah satu cara untuk mengundi dalam  Peserta dibagi dalam 2Ømemulai satu permainan (seperti Sut/ Suit)  kelompok besar (5 sampai 15 orang)

 Pilihan undian adalah SAMSON, DELILA dan SINGA dengan ketentuan sebagai berikut :Ø

 SAMSON mengalahkan SINGAØ

 SINGA mengalahkan DELILAØ

 DELILA mengalahkan SAMSONØ

 Setiap kelompok menyepakati lebih dulu pilihan undiannyaØ

 Saat aksi, seluruh peserta memperagakan gerakan pilihannya sesuai dengan petunjukØ

Ø9. 1234 Semua materi Menyebutkan 1234 dengan variasi semacam not balok  Instruktur menuliskan 1234 di papan dengan susunan sebagai berikut :

1 2 3 4

1 2 3 4

1 2 3 4

1 2 3 4



 Peserta diminta untuk membaca secara serentak mulai dari kiri atas terus ke kanan sampai angka terakhirØ

 Kemudian peserta diminta lagi untuk membaca angka sebagaimana diatas,Ø tetapi pada angka yang diberi tanda garis tidak bersuara, dengan ketukan atau KARINA yang sama

 Digunakan untuk menghukum pesertaØ10. Topi Saya Bundar Semua materi Peserta diminta menyanyi topi saya bundar dengan variasi

 Diusahakan agar pesertanya lebih dari 1Ø

 Peserta diminta menyanyi topi saya bundarØ

 Sekali lagi diminta nyanyi lagu tersebut, dengan kata topi diganti kata ‘ehem’Ø

11. Balonku Ada Lima Semua materi Peserta diminta menyanyi balonku ada  Digunakan untuk menghukum peserta/ mengurangiØlima dengan variasi  ketegangan

 Diusahakan agar pesertanya lebih dari 1Ø

 Peserta diminta menyanyi syukurØ

 Menyanyi lagu syukur dengan syairnya balonku ada limaØ

Ø12. Senam Coconut Semua materi Senam dengan gerakan C, O, C, O, N, U, T  Peserta diminta untuk senam dengan gerakan C, O, C, O, N, U, T yang ditunjukkan oleh instruktur

 Gerakan senam semakin cepatØ

13. Senam RCTI Semua materi Beberapa gerakan kecil yang diakhiri dengan  Peserta diminta untuk melakukan gerakan kecil agar suasanaØiklan RCTI  menjadi segar

 Sesuai dengan petunjuk instruktur, akhirnya membentuk posisi sebagaimana iklan RCTIØ

Ø14. Darat Laut Semua materi Tebakan menyebut hewan darat / laut  Intruktur akan menunjukkan peserta secara acak sambil bilan ‘darat’ atau ‘laut’

 Pada saat disebut darat, maka peserta yang ditunjuk harus menyebutØ salah satu hewan darat, demikian pula kalau disebut laut, maka harus menyebut hewan laut

15. Tembak-Tembakan Semua materi Melatih kekompakan dengan cara gerakan  Peserta dibagi dalam 4 kelompok,Øtembak menembak yang serempak  masing-masing disebut kelompok (mis: Kalimantan, Sumatra, Jawa dan Madura)

 Masing-masing kelompok harus siap menembak dengan urutan pekerjaØan sebagai berikut :

 Secara serempak bilang ‘siap’Ø

 Dilanjutkan dengan gerakan kokangØ

 Ada komandu pemimpin pasukan untuk menyerbu salah satu kelompokØ

 Kelompok yang ditembak harus melakukan serupa untuk menembak kelompok lainnya lagi, demikian seterusnyaØ

16. Tahu Mampu Mau Semua materi Gerakan tangan untuk melatih konsentrasi  Masing-masing peserta diajarkan gerakan Tahu Mampu Mau (Tahu denganØ menunjuk kening, Mampu dengan mengepal kedua tangan dan Mau dengan menunjuk dada)

 Setelah berulang kali peserta bisa melakukan dengan baik, makaØ instruktur melakukan lagi dengan gerakan yang berlainan dengan aba-aba yang diberikannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar