1. Kenalan Yuk
Mintalah peserta untuk berpasanganØUkhuwah Islamiyah Mengenalkan diri sehingga semua peserta saling mengenal satu sama lain
Mintalah peserta dengan masing-masing pasangannya untuk saling berkenalan meliputi hal-hal berikut ini :Ø
Nama lengkapØ
AlamatØ
Asal sekolahØ
Asal daerahØ
HobiØ
Cita-citaØ
Mintalah peserta dan masing-masing pasangannya untuk secara bersilang mengenalkan diri mereka.Ø
2. Darimana Datangnya Lintah Meaning Of Life Peserta mengetahui asal usul kejadian makhluk hidup dan memahami arti kehidupan Tahap I :
Apakah manusia itu hewan yang dapat berfikir? Mari kita buktikan (Kelompokkan peserta dalam 3 kelompok)Ø
Masing-masing kelompok diminta memilih satu jenis binatangØ
Masing-masing kelompok diminta memberikan penjelasan tentang :Ø
Dari mana asal kejadian binatang ituØ
Untuk apa binatang itu hadir di alamØ
Apa yang dikerjakannya selama hidupØ
Kemana kira-kira setelah matiØ
Tahap II :
Masing-masing kelompok diminta menjelaskan tentang manusiaØ
Darimana asal kejadiannyaØ
Untuk apa hadir di duniaØ
Apa yang akan dikerjakannyaØ
Kemana setelah matiØ
Ditekankan pentingnya memahami arti kehidupan karena penciptaanØ dirinya ke dunia ini bukan sekedar main-main saja tapi memiliki keunggulan yang akan dipertanggung-jawabkan. (QS. Al-Mu’minun (23) : 115 – 118 ; Adz-dzariyat (51) : 21)
3. Ayo Berhitung Ayo Mengaji Peserta memahami pentingnya ilmu dalam memudahkan penyelesaian masalah, dan dengan ilmu orang berpeluang berbuat kebaikan lebih banyak
Tahap I :
Mintalah masing-masing peserta untuk menghitung jumlah angka 1 sampai 50 dengan cepat. Beri waktu maksimal 3 menit.Ø
Mintalah mereka yang berhasil menghitung dengan cepat, bagaimana caranya memperoleh hasil tersebut.Ø
Tahap II :
Ajarkan cara menghitung yang lebih cepat dengan cara menjumlah 1 dan 50, 2 dan 49, 3 dan 48, dst sampai 50 dan 1.Ø
Sehingga diperoleh angka : 51 x 25 = 1275Ø
Mentee mengetahui bahwa bangunanØ4. Yuk Bikin Rumah Indahnya Islam rumah pasti terdiri dari pondasi (asas), bangunan (bina’) dan penyokong / pelindung / pagar (mu’ayidat) semakin besar dan kokoh maka dibutuhkan pondasi dll- harus kokoh
Mentee paham bahwa membangun rumah pasti dimulai dari pondasi danØ seterusnya, demikian ketika kita ingin membangun Islam dalam diri kita harus bertahap.
Peserta di bagi beberapa kelompok 3 – 5 orangØ
Di minta membuat / menggambar Rumah Idaman dengan tahapan :Ø
Mendiskusikan bagaiama tahapan proses membuat rumahØ
Menulis tahapan dan membuat gambaran sebuah rumah jadiØ
5. Ta’aruf Semua materi Mengenalkan teman pasangannya dengan terlebih Setiap peserta mendapatkanØdulu saling bertukar informasi data diri satu orang sebagai pasangan permainannya
Pasangan tersebut bisa diperoleh dengan cara undian, tebakan, menyatukan pantun yang terpisahØ
Setiap pasangan terlebih dulu saling bertukar data diri dengan waktu kurang lebih 5 menit.Ø
Setiap peserta mengenalkan pasangannya dengan menyebutkan namaØ lengkap, nama panggilan, TTL, alamat asal dan sekarang, pekerjaan, jumlah saudara, hobby dll.
Peserta yang tidak berada didepan boleh menanyakan kepada peserta yangØ sedang mengenalkan pasangannya, kalau tidak tahu boleh bertanya pada pasangannya tetapi dengan cara berbisik.
Pasangan yang sedang dikenalkan tidak boleh menjawab pertanyaan atas dirinya.Ø
Setiap pasangan diberi waktu untuk saling mengenalkan pasangannya selama 5 menit.Ø
Catatan : Boleh mencatat data pasangannyaØ
6. Ta’aruf Berantai Semua materi Tujuannya untuk melatih konsentrasi Peserta berjajar dalam suatu barisan yang panjang (kalau bisaØpeserta posisinya melingkar)
Permainan dimulai dengan peserta nomor 2 atau orang kedua menanyakan nama orang 1 (Siapa namanya ?)Ø
Saat dijawab oleh orang 1, orang ke-2 bertanya kembali (Siapa ?, seperti orang kurang dengar)Ø
Setelah mendapat jawaban yang kedua, baru orang ke-2 menyampaikan nama orang ke-1 pada orang ke-3Ø
Orang ke-3 juga pura-pura nggak dengar dan menanyakan kembali dengan pertanyaan, Siapa ?Ø
Orang ke-2 tidak boleh langsung menjawab, tetapi harus bertanya kembali pada orang ke-1, demikian seterusnyaØ
Jadi sumber beritanya hanya orang ke-1 saja.Ø
7. Cerita Bernomor Semua materi Tujuannya untuk melatih konsentrasi Peserta diminta berhitungØpeserta dan memudahkan mengenal peserta lain dan angka punggungnya harus dihafal
Instruktur akan bercerita yang didalamnya menyebut angkaØ
Bila instruktur menyebut angka salah satu peserta, maka pesertaØ tersebut harus segera tunjuk tangan dan menyebutkan nama dan alamatnya
8. Samson Delila Semua materi Salah satu cara untuk mengundi dalam Peserta dibagi dalam 2Ømemulai satu permainan (seperti Sut/ Suit) kelompok besar (5 sampai 15 orang)
Pilihan undian adalah SAMSON, DELILA dan SINGA dengan ketentuan sebagai berikut :Ø
SAMSON mengalahkan SINGAØ
SINGA mengalahkan DELILAØ
DELILA mengalahkan SAMSONØ
Setiap kelompok menyepakati lebih dulu pilihan undiannyaØ
Saat aksi, seluruh peserta memperagakan gerakan pilihannya sesuai dengan petunjukØ
Ø9. 1234 Semua materi Menyebutkan 1234 dengan variasi semacam not balok Instruktur menuliskan 1234 di papan dengan susunan sebagai berikut :
1 2 3 4
1 2 3 4
1 2 3 4
1 2 3 4
Peserta diminta untuk membaca secara serentak mulai dari kiri atas terus ke kanan sampai angka terakhirØ
Kemudian peserta diminta lagi untuk membaca angka sebagaimana diatas,Ø tetapi pada angka yang diberi tanda garis tidak bersuara, dengan ketukan atau KARINA yang sama
Digunakan untuk menghukum pesertaØ10. Topi Saya Bundar Semua materi Peserta diminta menyanyi topi saya bundar dengan variasi
Diusahakan agar pesertanya lebih dari 1Ø
Peserta diminta menyanyi topi saya bundarØ
Sekali lagi diminta nyanyi lagu tersebut, dengan kata topi diganti kata ‘ehem’Ø
11. Balonku Ada Lima Semua materi Peserta diminta menyanyi balonku ada Digunakan untuk menghukum peserta/ mengurangiØlima dengan variasi ketegangan
Diusahakan agar pesertanya lebih dari 1Ø
Peserta diminta menyanyi syukurØ
Menyanyi lagu syukur dengan syairnya balonku ada limaØ
Ø12. Senam Coconut Semua materi Senam dengan gerakan C, O, C, O, N, U, T Peserta diminta untuk senam dengan gerakan C, O, C, O, N, U, T yang ditunjukkan oleh instruktur
Gerakan senam semakin cepatØ
13. Senam RCTI Semua materi Beberapa gerakan kecil yang diakhiri dengan Peserta diminta untuk melakukan gerakan kecil agar suasanaØiklan RCTI menjadi segar
Sesuai dengan petunjuk instruktur, akhirnya membentuk posisi sebagaimana iklan RCTIØ
Ø14. Darat Laut Semua materi Tebakan menyebut hewan darat / laut Intruktur akan menunjukkan peserta secara acak sambil bilan ‘darat’ atau ‘laut’
Pada saat disebut darat, maka peserta yang ditunjuk harus menyebutØ salah satu hewan darat, demikian pula kalau disebut laut, maka harus menyebut hewan laut
15. Tembak-Tembakan Semua materi Melatih kekompakan dengan cara gerakan Peserta dibagi dalam 4 kelompok,Øtembak menembak yang serempak masing-masing disebut kelompok (mis: Kalimantan, Sumatra, Jawa dan Madura)
Masing-masing kelompok harus siap menembak dengan urutan pekerjaØan sebagai berikut :
Secara serempak bilang ‘siap’Ø
Dilanjutkan dengan gerakan kokangØ
Ada komandu pemimpin pasukan untuk menyerbu salah satu kelompokØ
Kelompok yang ditembak harus melakukan serupa untuk menembak kelompok lainnya lagi, demikian seterusnyaØ
16. Tahu Mampu Mau Semua materi Gerakan tangan untuk melatih konsentrasi Masing-masing peserta diajarkan gerakan Tahu Mampu Mau (Tahu denganØ menunjuk kening, Mampu dengan mengepal kedua tangan dan Mau dengan menunjuk dada)
Setelah berulang kali peserta bisa melakukan dengan baik, makaØ instruktur melakukan lagi dengan gerakan yang berlainan dengan aba-aba yang diberikannya
Mintalah peserta untuk berpasanganØUkhuwah Islamiyah Mengenalkan diri sehingga semua peserta saling mengenal satu sama lain
Mintalah peserta dengan masing-masing pasangannya untuk saling berkenalan meliputi hal-hal berikut ini :Ø
Nama lengkapØ
AlamatØ
Asal sekolahØ
Asal daerahØ
HobiØ
Cita-citaØ
Mintalah peserta dan masing-masing pasangannya untuk secara bersilang mengenalkan diri mereka.Ø
2. Darimana Datangnya Lintah Meaning Of Life Peserta mengetahui asal usul kejadian makhluk hidup dan memahami arti kehidupan Tahap I :
Apakah manusia itu hewan yang dapat berfikir? Mari kita buktikan (Kelompokkan peserta dalam 3 kelompok)Ø
Masing-masing kelompok diminta memilih satu jenis binatangØ
Masing-masing kelompok diminta memberikan penjelasan tentang :Ø
Dari mana asal kejadian binatang ituØ
Untuk apa binatang itu hadir di alamØ
Apa yang dikerjakannya selama hidupØ
Kemana kira-kira setelah matiØ
Tahap II :
Masing-masing kelompok diminta menjelaskan tentang manusiaØ
Darimana asal kejadiannyaØ
Untuk apa hadir di duniaØ
Apa yang akan dikerjakannyaØ
Kemana setelah matiØ
Ditekankan pentingnya memahami arti kehidupan karena penciptaanØ dirinya ke dunia ini bukan sekedar main-main saja tapi memiliki keunggulan yang akan dipertanggung-jawabkan. (QS. Al-Mu’minun (23) : 115 – 118 ; Adz-dzariyat (51) : 21)
3. Ayo Berhitung Ayo Mengaji Peserta memahami pentingnya ilmu dalam memudahkan penyelesaian masalah, dan dengan ilmu orang berpeluang berbuat kebaikan lebih banyak
Tahap I :
Mintalah masing-masing peserta untuk menghitung jumlah angka 1 sampai 50 dengan cepat. Beri waktu maksimal 3 menit.Ø
Mintalah mereka yang berhasil menghitung dengan cepat, bagaimana caranya memperoleh hasil tersebut.Ø
Tahap II :
Ajarkan cara menghitung yang lebih cepat dengan cara menjumlah 1 dan 50, 2 dan 49, 3 dan 48, dst sampai 50 dan 1.Ø
Sehingga diperoleh angka : 51 x 25 = 1275Ø
Mentee mengetahui bahwa bangunanØ4. Yuk Bikin Rumah Indahnya Islam rumah pasti terdiri dari pondasi (asas), bangunan (bina’) dan penyokong / pelindung / pagar (mu’ayidat) semakin besar dan kokoh maka dibutuhkan pondasi dll- harus kokoh
Mentee paham bahwa membangun rumah pasti dimulai dari pondasi danØ seterusnya, demikian ketika kita ingin membangun Islam dalam diri kita harus bertahap.
Peserta di bagi beberapa kelompok 3 – 5 orangØ
Di minta membuat / menggambar Rumah Idaman dengan tahapan :Ø
Mendiskusikan bagaiama tahapan proses membuat rumahØ
Menulis tahapan dan membuat gambaran sebuah rumah jadiØ
5. Ta’aruf Semua materi Mengenalkan teman pasangannya dengan terlebih Setiap peserta mendapatkanØdulu saling bertukar informasi data diri satu orang sebagai pasangan permainannya
Pasangan tersebut bisa diperoleh dengan cara undian, tebakan, menyatukan pantun yang terpisahØ
Setiap pasangan terlebih dulu saling bertukar data diri dengan waktu kurang lebih 5 menit.Ø
Setiap peserta mengenalkan pasangannya dengan menyebutkan namaØ lengkap, nama panggilan, TTL, alamat asal dan sekarang, pekerjaan, jumlah saudara, hobby dll.
Peserta yang tidak berada didepan boleh menanyakan kepada peserta yangØ sedang mengenalkan pasangannya, kalau tidak tahu boleh bertanya pada pasangannya tetapi dengan cara berbisik.
Pasangan yang sedang dikenalkan tidak boleh menjawab pertanyaan atas dirinya.Ø
Setiap pasangan diberi waktu untuk saling mengenalkan pasangannya selama 5 menit.Ø
Catatan : Boleh mencatat data pasangannyaØ
6. Ta’aruf Berantai Semua materi Tujuannya untuk melatih konsentrasi Peserta berjajar dalam suatu barisan yang panjang (kalau bisaØpeserta posisinya melingkar)
Permainan dimulai dengan peserta nomor 2 atau orang kedua menanyakan nama orang 1 (Siapa namanya ?)Ø
Saat dijawab oleh orang 1, orang ke-2 bertanya kembali (Siapa ?, seperti orang kurang dengar)Ø
Setelah mendapat jawaban yang kedua, baru orang ke-2 menyampaikan nama orang ke-1 pada orang ke-3Ø
Orang ke-3 juga pura-pura nggak dengar dan menanyakan kembali dengan pertanyaan, Siapa ?Ø
Orang ke-2 tidak boleh langsung menjawab, tetapi harus bertanya kembali pada orang ke-1, demikian seterusnyaØ
Jadi sumber beritanya hanya orang ke-1 saja.Ø
7. Cerita Bernomor Semua materi Tujuannya untuk melatih konsentrasi Peserta diminta berhitungØpeserta dan memudahkan mengenal peserta lain dan angka punggungnya harus dihafal
Instruktur akan bercerita yang didalamnya menyebut angkaØ
Bila instruktur menyebut angka salah satu peserta, maka pesertaØ tersebut harus segera tunjuk tangan dan menyebutkan nama dan alamatnya
8. Samson Delila Semua materi Salah satu cara untuk mengundi dalam Peserta dibagi dalam 2Ømemulai satu permainan (seperti Sut/ Suit) kelompok besar (5 sampai 15 orang)
Pilihan undian adalah SAMSON, DELILA dan SINGA dengan ketentuan sebagai berikut :Ø
SAMSON mengalahkan SINGAØ
SINGA mengalahkan DELILAØ
DELILA mengalahkan SAMSONØ
Setiap kelompok menyepakati lebih dulu pilihan undiannyaØ
Saat aksi, seluruh peserta memperagakan gerakan pilihannya sesuai dengan petunjukØ
Ø9. 1234 Semua materi Menyebutkan 1234 dengan variasi semacam not balok Instruktur menuliskan 1234 di papan dengan susunan sebagai berikut :
1 2 3 4
1 2 3 4
1 2 3 4
1 2 3 4
Peserta diminta untuk membaca secara serentak mulai dari kiri atas terus ke kanan sampai angka terakhirØ
Kemudian peserta diminta lagi untuk membaca angka sebagaimana diatas,Ø tetapi pada angka yang diberi tanda garis tidak bersuara, dengan ketukan atau KARINA yang sama
Digunakan untuk menghukum pesertaØ10. Topi Saya Bundar Semua materi Peserta diminta menyanyi topi saya bundar dengan variasi
Diusahakan agar pesertanya lebih dari 1Ø
Peserta diminta menyanyi topi saya bundarØ
Sekali lagi diminta nyanyi lagu tersebut, dengan kata topi diganti kata ‘ehem’Ø
11. Balonku Ada Lima Semua materi Peserta diminta menyanyi balonku ada Digunakan untuk menghukum peserta/ mengurangiØlima dengan variasi ketegangan
Diusahakan agar pesertanya lebih dari 1Ø
Peserta diminta menyanyi syukurØ
Menyanyi lagu syukur dengan syairnya balonku ada limaØ
Ø12. Senam Coconut Semua materi Senam dengan gerakan C, O, C, O, N, U, T Peserta diminta untuk senam dengan gerakan C, O, C, O, N, U, T yang ditunjukkan oleh instruktur
Gerakan senam semakin cepatØ
13. Senam RCTI Semua materi Beberapa gerakan kecil yang diakhiri dengan Peserta diminta untuk melakukan gerakan kecil agar suasanaØiklan RCTI menjadi segar
Sesuai dengan petunjuk instruktur, akhirnya membentuk posisi sebagaimana iklan RCTIØ
Ø14. Darat Laut Semua materi Tebakan menyebut hewan darat / laut Intruktur akan menunjukkan peserta secara acak sambil bilan ‘darat’ atau ‘laut’
Pada saat disebut darat, maka peserta yang ditunjuk harus menyebutØ salah satu hewan darat, demikian pula kalau disebut laut, maka harus menyebut hewan laut
15. Tembak-Tembakan Semua materi Melatih kekompakan dengan cara gerakan Peserta dibagi dalam 4 kelompok,Øtembak menembak yang serempak masing-masing disebut kelompok (mis: Kalimantan, Sumatra, Jawa dan Madura)
Masing-masing kelompok harus siap menembak dengan urutan pekerjaØan sebagai berikut :
Secara serempak bilang ‘siap’Ø
Dilanjutkan dengan gerakan kokangØ
Ada komandu pemimpin pasukan untuk menyerbu salah satu kelompokØ
Kelompok yang ditembak harus melakukan serupa untuk menembak kelompok lainnya lagi, demikian seterusnyaØ
16. Tahu Mampu Mau Semua materi Gerakan tangan untuk melatih konsentrasi Masing-masing peserta diajarkan gerakan Tahu Mampu Mau (Tahu denganØ menunjuk kening, Mampu dengan mengepal kedua tangan dan Mau dengan menunjuk dada)
Setelah berulang kali peserta bisa melakukan dengan baik, makaØ instruktur melakukan lagi dengan gerakan yang berlainan dengan aba-aba yang diberikannya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar